Meningkatkan Stamina Atensi Pada Anak


stamina atensi
Stamina atensi adalah kemampuan seseorang untuk mempertahankan atensinya untuk mengerjakan suatu pekerjaan dalam jangka waktu tertentu. Anak-anak yang mempunyai kecenderungan mudah jenuh dan stamina atensi yang minimum, biasanya hanya beberapa detik atensi mereka akan mudah teralihkan dengan benda atau kegiatan di sekitar mereka. Hal ini menjadi kendala ketika mereka harus berhadapan dengan pelajaran yang membutuhkan stamina atensi yang cukup panjang.

Ada beberapa ciri yang terlihat pada anak dengan stamina atensi yang tidak maksimal, antara lain:
·         Mudah lupa akan segala kegiatan harian
·         Apabila diperintah, seolah tidak mendengar instruksi
·         Cenderung ceroboh saat mengerjakan tugas
·         Perhatian mudah teralih dan tidak bisa duduk  tenang
·         Suka melamun (umumnya untuk anak perempuan)
·         Tugas-tugas tidak selesai tepat waktu

Karena hal-hal tersebut diatas, anak-anak dengan stamina atensi yang kurang maksimal, biasanya nilai-nilai mereka secara akademis tidak sesuai dengan tingkat potensi kecerdasan mereka. Selain itu, secara psikososial mereka seringkali dicap sebagai anak yang nakal dan pembangkang, sehingga hubungan mereka dengan orangtua, guru dan teman menjadi buruk, dan berdampak pada perilaku mereka yang menjadi temperamental dan memiliki pemahaman diri yang negatif.

Upaya untuk memaksimalkan stamina atensi pada anak

Untuk memaksimalkan stamina atensi dibutuhkan latihan mengontrol konsentrasi, dan fokus pada satu informasi dari sekian banyak informasi yang diterima oleh anak. Untuk itu orangtua perlu meningkatkan kemampuan siaga anak pada respon yang akan terjadi dengan memberikan latihan-latihan berupa aktivitas sensoris/ aktifitas fisik. Orangtua dapat menstimulasi stamina atensi anak-anak dengan melakukan berbagai aktifitas fisik yang dapat merangsang kerja otak mereka.

Selain itu dapat juga dengan mengurangi bermain video games dan mengurangi jam nonton TV anak. Bermain video games dan menonton TV adalah aktifitas yang tidak memerlukan atensi  ataupun aktifitas sensoris, karena tanpa mereka melakukan suatu upaya atensi, TV atau video games tersebut telah melakukannya. Banyak permainan yang banyak melibatkan aktifitas anak, seperti permainan tradisional, olahraga, ataupun outbound anak. Semuanya bisa dilakukan dengan tanpa biaya, ataupun mengeluarkan biaya, yang penting anak bisa melatih sensor-nya dengan baik. 




Membuat Kolam Ikan Didalam Rumah


kolam dalam rumah
Jika anda punya lahan cukup dan hobi memelihara ikan hias, tidak salah jika menyemarakkan rumah dengan menghadirkan kolam ikan didalam rumah. Menurut seorang psikolog dan pecinta ikan, menatap ikan dalam beberapa menit dapat menghilangkan kelelahan otak dan stress akibat lelah bekerja.

Ikan juga bisa memberikan nuansa tersendiri. Suara gemericik air dan ikan bisa membuat pemilik rumah merasa tenang. Namun, sebelum anda merealisasikan rencana ini, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan untuk membuat kolam ikan hias dalam rumah.
  1.  Aliran air pembuangan. Lokasi kolam ikan harus diupayakan dekat dengan sumber air agar ketika selesai dibersihkan dapat segera diisi kembali. Sumber air bisa disediakan dengan membuat kran air dekat kolam ikan. Disarankan, air yang akan digunakan merupakan air tanah bukan dari air PAM. Hal ini guna menjaga PH air.
  2.  Bahan pembuat kolam. Bahan pembuat kolam juga merupakan faktor terpenting dalam menghadirkan kolam yang cantik dan berfungsi baik. Bahan pembuat kolam sebaiknya semen atau batu yang padat sehingga mudah dibersihkan. Untuk dasar kolam, semen harus dicampur dengan pasir dengan komposisi yang pas. Disarankan bahan semen lebih banyak dibanding pasir, agar dasar kolam lebih kuat dan tahan bocor.
  3. Dinding kolam pun disarankan menggunakan bahan yang sama dengan dasar kolam, mengingat jika terjadi kebocoran kolam dapat merembes ke ruangan lainnya di sekitar kolam. Setelah dicor, kolam dapat dilapisi dengan beberapa jenis bahan seperti keramik, atau batu alam.
  4. Kolam harus ditempatka dilokasi yang mudah mendapatkan sinar matahari langsung. Ini berguna agar tidak terjadi kelembaban berlebih di sekitar kolam, dan ikan pun dapat berkembang dengan sehat. Dari segi interior, kolam ikan hias lebih baik ditempatkan di sisi dalam rumah yang berdekatan dengan ruang santai keluarga.

 Sementara di sisi kolam dapat dibuat taman yang bisa lebih menyemarakan suasana. Untuk sirkulasi oksigen yang baik bagi ikan,  dapat ditambahkan pancuran air atau water fall yang dibuat menyatu dengan dinding di atas kolam.

Lebih Bugar Dengan Si Merah Yang Kaya Manfaat


buah apel
Buah adalah salah satu menu makanan yang menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh kita serta merupakan bagian tak terpisahkan, karena memiliki nutrisi dan gizi yang diperlukan tubuh, seperti Fuji Apple, yang dapat dijadikan menu wajib untuk anda konsumsi setiap hari. Pasti anda bertanya-tanya apa saja sih kandungan dan manfaat Fuji Apple untuk kesehatan tubuh kita?

Fuji Apple sangat bagus untuk anda yang sedang diet atau menurunkan berat badan, karena kandungan lemak pada buah apel sangat rendah namun memiliki serat yang sangat tinggi, sehingga dapat membuat anda merasa cepat kenyang. Fuji Apple juga memiliki kandungan Tanin, zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, sehingga dapat mencegah kerusakan  gigi dan penyakit gusi.

Bagi anda yang memiliki kolesterol cukup tinggi, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi Fuji Apple secara rutin, karena mengandung Zat Asam D-Glucaric dan Flavoid yang dapat menurunkan kadar kolesterol  jahat dalam tubuh serta mencegah resiko penyakit kanker.

Tidak hanya itu, di dalam buah ini terdapat guercetin, zat yang dibutuhkan untuk meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh yang dapat menghilangkan radikal bebas dan mencegah resiko terkena serangan jantung.

Anda juga tidak akan kekurangan vitamin, karena Fuji Apple sangat kaya akan Vitamin A, B dan C sehingga terasa lebih sehat karena dapat mencegah berbagai penyakit. Hebatnya lagi, Fuji Apple juga mengandung Asam Tartrat yang dapat membunuh bakteri dan menyehatkan saluran pencernaan di dalam tubuh.

Sekarang anda sudah tahu kan, betapa banyanya kandungan dan manfaat dari Fuji Apple. Tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi secara rutin setiap hari, karena dapat menjaga kebugaran tubuh dan mencegah berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuh anda. 

Memperlakukan Sayuran Sebelum Dimasak


Sebelum diolah menjadi masakan, beberapa jenis sayuran memerlukan perlakuan khusus untuk memudahkan proses pemasakan selanjutnya. Ada yang harus di rebus/ diseduh, dilumuri garam, atau dihilangkan getahnya terlebih dahulu. Berikut perlakuan yang seharusnya dilakukan.

Direbus atau diseduh
Dilakukan untuk mengurangi rasa pahit/ getir, bau langu, dan menghilangkan getah serta melemaskan sayuran yang rasanya pahit atau teksturnya kesat seperti daun papaya, daun singkong, lembayung, daun pakis, jantung pisang dan rebung. Menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya juga bisa dilakukan dengan merebusnya bersama daun singkong, daun jambu atau daun beluntas. Rebus daun singkong dalam panci terbuka agar asam sianida (HCN) yang terkandung didalamnya keluar bersama uap air.

Di lumuri garam
mengolah sayuranMelumuri sayuran dengan garam juga bisa dilakukan untuk mengurangi rasa pahit. Misalnya, sayuran pare sesudah dipotong-potong dilumuri garam, lalu diremas-remas agar getah penyebab rasa pahitnya keluar. Garam juga berfungsi melemaskan tekstur sayuran yang kesat dan kasar, seperti lembayung.

Dihilangkan getahnya
Beberapa jenis sayuran mengeluarkan getah setelah dikupas atau dipotong. Labu siam misalnya, setelah dibelah dua gosok-gosokkan permukaan potongannya sehingga getahnya keluar. Bisa juga labu siam kupas dibawah air mengalir agar getah larut. Nangka muda juga sangat bergetah saat dikupas. Sebaiknya lumuri pisau dengan minyak agar getah tidak melekat pada pisau dan buah nangka lebih mudah dipotong. Setelah dipotong, seka potongan nangka dengan kertas agar getah menempel pada kertas, selanjutnya potong-potong sesuai kebutuhan.  


Sumber: Femina
 

Kumpulan Tips Untuk Bunda Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger