Memperlakukan Sayuran Sebelum Dimasak


Sebelum diolah menjadi masakan, beberapa jenis sayuran memerlukan perlakuan khusus untuk memudahkan proses pemasakan selanjutnya. Ada yang harus di rebus/ diseduh, dilumuri garam, atau dihilangkan getahnya terlebih dahulu. Berikut perlakuan yang seharusnya dilakukan.

Direbus atau diseduh
Dilakukan untuk mengurangi rasa pahit/ getir, bau langu, dan menghilangkan getah serta melemaskan sayuran yang rasanya pahit atau teksturnya kesat seperti daun papaya, daun singkong, lembayung, daun pakis, jantung pisang dan rebung. Menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya juga bisa dilakukan dengan merebusnya bersama daun singkong, daun jambu atau daun beluntas. Rebus daun singkong dalam panci terbuka agar asam sianida (HCN) yang terkandung didalamnya keluar bersama uap air.

Di lumuri garam
mengolah sayuranMelumuri sayuran dengan garam juga bisa dilakukan untuk mengurangi rasa pahit. Misalnya, sayuran pare sesudah dipotong-potong dilumuri garam, lalu diremas-remas agar getah penyebab rasa pahitnya keluar. Garam juga berfungsi melemaskan tekstur sayuran yang kesat dan kasar, seperti lembayung.

Dihilangkan getahnya
Beberapa jenis sayuran mengeluarkan getah setelah dikupas atau dipotong. Labu siam misalnya, setelah dibelah dua gosok-gosokkan permukaan potongannya sehingga getahnya keluar. Bisa juga labu siam kupas dibawah air mengalir agar getah larut. Nangka muda juga sangat bergetah saat dikupas. Sebaiknya lumuri pisau dengan minyak agar getah tidak melekat pada pisau dan buah nangka lebih mudah dipotong. Setelah dipotong, seka potongan nangka dengan kertas agar getah menempel pada kertas, selanjutnya potong-potong sesuai kebutuhan.  


Sumber: Femina

0 komentar:

Posting Komentar

 

Kumpulan Tips Untuk Bunda Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger