Tips Mempersiapkan Makanan Pendamping ASI


Tips Mempersiapkan Makanan Pendamping ASI
Setelah bayi berumur 6 bulan saatnya untuk memperkenalkannya dengan makanan pendamping ASI (MPASI).  Namun perlu diperhatikan, dalam memberikan makanan pada si kecil harus memperhatikan faktor usia, dan juga mencermati perkembangan giginya, karena gigi sebagai ‘alat’ untuk mengunyah juga membutuhkan persiapan.

Perkenalkanlah MPASI mulai dari yang lumat hingga makanan keluarga. Jangan terlalu lama memberikan nutrisi cair. Bila terlalu lama mendapatkan makanan cair akan membuat anak terlambat melatih fungsi mengunyah dan menelan dengan baik. Inilah beberapa alas an perlunya perencanaan dalam pemberian MPASI.

1.       Tidak sedikit orangtua mengeluhkan putra-putrinya tidak mau makan, hanya mau minum susu saja. Hal ini kemungkinan disebabkan pemberian makanan cair yang terlalu lama sehingga anak terbiasa dengan kondisi tersebut. Untuk mengantisipasnya, orangtua juga harus disiplin dan sabar dalam memberikan MPASI sesuai jadwal dan tahapannya. Idealnya, setelah 12 bulan keatas anak mampu menyantap hidangan keluarga.
2.       Sejumlah pakar gizi merekomendasikan agar bayi memperoleh MPASI yang dibuat sendiri. Hanya saja harus tetap memperhatikan factor kebersihan dalam mempersiapkannya.
3.       Memperkenalkan makanan secara bertahap meringankan resiko anak pilih-pilih makanan di kemudian hari. Untuk itu orangtua perlu memperkenalkan untuk anaka yang telah berusia 6 bulan berbagai rasa, seperti: wortel, kentang, brokoli, ikan, ayam, dan telur.

Namun, jika si kecil terlanjur sulit makan bahkan hingga mengganggu pertumbuhannya , segeralah berkonsultasi dengan dokter.




0 komentar:

Posting Komentar

 

Kumpulan Tips Untuk Bunda Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger