Tips Memilih dan Menyimpan Sayuran


Ketika akan memasak sayur, baiknya pilihlah bahan-bahan yang berkualitas agar sajian yang dihasilkan bisa maksimal. Belilah sayuran sesuai kebutuhan, namun bila terpaksa menyimpannya, simpan dengan benar agar kesegarannya tetap dapat dipertahankan. Beberapa tips dibawah ini mungkin bisa membantu.

Memilih Sayuran
memilih sayuran
ü  Pilih sayuran yang terlihat segar dan bagus.
ü  Hindari sayuran yang sudah berubah warna, layu, keriput dan terdapat luka, atau memar pada permukaannya.
ü  Untuk sayuran daun, pilih yang daun-daunnya segar, tidak rusak atau busuk serta warnanya cerah.
ü  Sayuran buah harus dipilih yang bentuknya utuh, dan tidak ada cacat atau berlubang. Jika buah berwarna hijau, pilih yang warnanya hijau muda dan kulitnya masih lunak, karena kulit yang keras menunjukkan buah sudah tua.
ü  Sayuran jenis kacang (buncis, kacang panjang, kapri, kecipir) sebaiknya dipilih yang berwarna hijau segar, muda dan tidak cacat. Cirinya, biji polongnya tidak terlihat nyata, karena biji yang besar-besar menunjukkan kacang sudah tua, teksturnya liat dan kasar bila dimasak.
ü  Secara umum, sayuran yang lebih muda dan lebih kecil, rasanya lebih manis dan empuk (tidak berserat).

Menyimpan Sayuran
ü  Sayuran bisa disimpan ditempat yang sejuk dan berventilasi, misal dekat mesin cuci piring atau dapur dengan cara diletakkan di atas tampah atau rak. Bisa juga sayuran disimpan di dalam lemari es.
ü  Sebelum disimpan, sayuran harus dicuci bersih dan ditiriskan sampai kering.
ü  Untuk mengurangi dehidrasi karena dingin, bungkus bagian daunnya dengan kertas, biarkan bagian batangnya terbuka, lalu masukkan kedalam plastik yang diberi lubang-lubang kecil agar sayuran bisa ‘bernapas’.
ü  Sayuran buah, seperti tomat dismpan dalam wadah plastic tertutup agar tidak mudah busuk dan hancur terhimpit sayuran lain.
ü  Menyimpan mentimun sebaiknya dipisahkan dari tomat, apel, atau sayuran dan buah lain yang mengeluarkan gas etilen agar mentimun tidak cepat busuk.


Sumber: Femina


0 komentar:

Posting Komentar

 

Kumpulan Tips Untuk Bunda Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger