Nutrisi Untuk Ibu Hamil



Nutrisi Untuk Ibu Hamil
Bagi ibu hamil, makan tidak cukup hanya sekedar kenyang saja, akan tetapi harus juga mencukupi nutrisi-nya jabang bayi. Tidak perlu mewah untuk mencukupi nutrisi tersebut, akan tetapi bisa dengan menggunakan apa yang ada di sekitar kita. Berikut nutrisi yang harus tercukupi beserta peranannya:

1. Protein dan Vitamin B6
a. Protein
Peranannya: membangun sel-sel janin seperti sel darah, kulit, rambut, kuku, dan jaringan otot. Protein juga diperlukan plasenta (ari-ari) untuk membawa makanan ke janin
Sumber protein: daging, ika, tempe, kacang-kacangan, telur

b. Vitamin B6
Peranannya: Mengatur penggunaan protein dalam tubuh
Sumbernya dari: kacang-kacangan, jagung, beras, daging


2. Kolin dan DHA
a. Kolin
Peranannya: Komponen penting dalam sel yang berperan penting untuk perkembangan otak janin hingga lahir dan dewasa
Sumbernya: kuning telur, daging, buah, dan sayur (dalam jumlah kecil)

b. DHA
Peranannya: dibutuhkan janin untuk membantu pertumbuhan jaringan otak
Sembernya di: Telur, ikan laut, salmon, tuna, sarden, makarel, kerang

3. Asam Folat
Peranannya: mencegah cacat janin, gangguan otak dan tulang belakang, resiko bayi lahir cacat dan berat badan rendah
Sumber asam folat: kacang-kacangan, bayam, jagung, daging, labu, jeruk

4. Kalsium
Peranannya: Menjaga system peredaran darah, saraf, dan otot agar berfungsi dengan baik
Sumber: jeruk, kacang-kacangan, brokoli, buncis, bayam

5. Zat besi
Selama hamil ibu memerlukan 2 kali lipat zat besi dibanding sebelum hamil. Kekurangan zat besi mengakibatkan ibu cepat lelah dan beresiko bayi lahir dengan berat badan rendah
Sumber zat besi: kacang, bayam, daging merah, daging ayam, salmon, telur, buncis, kacang polong, buah-buahan.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Kumpulan Tips Untuk Bunda Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger