Cara Pengolahan Sayuran


Cara Pengolahan Sayuran
Ada berbagai macam cara dalam mengolah sayuran di Nusantara ini, di antaranya direbus, ditumis, dibuat sayuran berkuah, ataupun disajikan mentah. Paduan bumbu dan teknik masak yang khas membuatnya makin unik.  Mari kita bahas satu persatu:

Mentah
Beberapa jenis sayuran segar dapat disantap mentah tanpa dimasak terlebih dahulu, misalnya mentimun, terung bulat, tekokak, taoge, kol dan kacang panjang serta aneka sayuran daun yang renyah dan biasanya tidak kesat teksturnya. Bisa dijadikan lalapan ataupun disantap bersama sambal atau campuran bumbu, seperti bumbu kacang atau parutan kelapa seperti pada karedok.

Rebus
Sayuran juga bisa diolah secara sederhana yaitu direbus, terutama untuk sayuran tunas, daun dan kacang seperti taoge, kacang panjang, bayam, kangkung. Dengan tambahan bumbu kacang, sambal atau bumbu kelapa, sayuran rebus ini cukup menggugah selera misalnya pada hidangan pecel, gado-gado, dan urap.

Berkuah
Hampir semua jenis sayuran bisa diolah menjadi hidangan berkuah yang lezat. Air, santan atau kaldu digunakan bisa berupa bumbu iris ataupun bumbu yang dihaluskan. Agar tidak langu, bumbu ini bisa ditumis terlebih dahulu atau langsung dimasukkan ke dalam kuah. Jika langsung dimasukkan ke dalam kuah sebaiknya tunggu hingga kuah benar-benar sudah mendidih dan masak dalam panci terbuka hingga bau langu hilang. Kadang-kadang bumbu dibakar terlebih dahulu hingga aroma lebih segar. Masukkan sayuran ataupun bahan berikutnya sayuran yang cepat matang atau empuk.

Tumis
Menumis (dalam bahasa jawa oseng) berarti  memasak dengan menggunakan minyak sedikit. Bumbu yang digunakan bisa bumbu iris, bisa juga bumbu halus. Jika memakai bumbu iris dan bumbu halus, dahulukan menumis bumbu iris hingga harum. Baru masukkan sayuran yang lama matangnya, seperti wortel, kacang panjang, kembang kol dan buncis. Setelah agak lunak, masukkan sayuran yang lebih cepat matang seperti kol, taoge, dan sawi. Jangan mengangkat tumisan bumbu sebelumaroma gurihnya keluar.

1 komentar:

Valiz bekty98 mengatakan...

kalau seandainya sayuran di tim, gimana perlakuan dasarnya ??

Posting Komentar

 

Kumpulan Tips Untuk Bunda Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger