ASI Memang Tiada Duanya


keajaiban asi
ASI mudah di cerna bayi serta mengandung sejumlah zat antibody yang melindungi bayi dari bakteri dan virus. ASI juga nutrisi yang paling baik untuk bayi, banyak bukti ilmiah yang memperlihatkan bahwa pemberian ASI eksklusif pada 6 bulan pertama dapat mencukupi kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembang bayi. Selain keunggulan-keunggulan tersebut masih ada yang lain seperti:

©    Kolustrum ASI (cairan kuning keemasan yang dikeluarkan oleh kelenjar payudara 4 hari pertama setelah persalinan) mengandung lemak dan protein yang tinggi.
©    Laktosa ASI sebagai sumber karbohidrat diserap lebih baik dibanding yang terdapat di dalam susu formula.
©    Sementara komposisi ASI lebih banyak ‘whey’ sehingga lebih mudah diserap oleh usus bayi.
©    Di dalam ASI terdapat pula beberapa asam amino dan nukleotida yang berperan pada perkembangan jaringan otak, saraf, kematangan usus, penyerapan besi, dan daya tahan tubuh. Dan jumlahnya lebih besar di banding dalam susu formula.

©    Kandungan lemaknya yang berjumlah lebih besar di banding susu formula, dan pada ASI memiliki profil yang berbeda. Lemak sangat diperlukan untuk pertumbuhan jaringan saraf dan retina mata.
©    ASI juga kaya akan vitamin dan mineral yang sangat berguna untuk pembentukan sel dan jaringan. Hasil riset menunjukkan pemberian ASI eksklusif dapat mencegah 13% dari 10,6 juta kematian balita setiap tahun.
©    Di temukan pula fakta bahwa ASI eksklusif dapat mengurangi SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) – sindrom kematian mendadak pada bayi. Meskipun SIDS jarang terjadi di Indonesia namun perlu di waspadai.
©    Menyusui juga bisa menekan resiko kanker payudara.
©    Selain itu tentu saja, dengan ASI dapat memberikan rasa aman, hangat, dan nyaman pada bayi. Menyusui juga bisa mempererat ikatan batin (bonding) ibu dan bayi.

Wow, ASI memang tiada duanya..

0 komentar:

Posting Komentar

 

Kumpulan Tips Untuk Bunda Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger