Siapa Saja Bisa Menjadi Penulis

Menulis adalah kegiatan yang telah dilakukan orang selama berabad-abad, dari media yang sangat sederhana (batu, lontar, dsb) sampai dengan media digital yang rumit. Entah kapan pastinya manusia mulai mengenal huruf dan menulis, sampai saat ini masih simpang siur. Tetapi yang penting, aktifitas ini menjadikan ilmu pengetahuan berkembang pesat, bisa dibayangkan bagaimana ilmu yang bertebaran di alam semesta ini tidak di tuliskan dalam bentuk teori dan kaidah-kaidah oleh ilmuwan, tentunya tidak akan bisa di kembangkan oleh generasi berikutnya. Pantaslah ada peribahasa yang mengatakan "Ikatlah ilmu dengan menuliskannya".

Ada beberapa motivasi orang ketika menulis, yaitu:
1. Motivasi Financial
2. Motivasi Idealisme
3. Motivasi Popularitas
4. Motivasi Gabungan

Dari Mana Memulai Menulis
  1. Menulis bisa di mulai dengan mencatat segala hal yang sedang kita pelajari, ataupun sesuatu yang kita sudah kuasai. Menulis sesuatu yang belum kita pelajari dan tidak kita sukai pasti akan membuat frustasi saja.
  2. Keterampilan dan keahlian yang kita miliki adalah objek yang bagus untuk di tulis, karena bisa saja orang lain membutuhkan informasi dari keahlian yang kita miliki. Bagi yang suka makan (siapa saja pasti suka ya..) bisa saja menulis tentang makanan, bahan baku makanan tersebut, rasanya, sejarahnya, atau mungkin khasiatnya.
  3. Hal menarik yang patut di tulis adalah pengalaman pribadi ataupun pengalaman orang lain. Yakinlah, apa yang kita ketahui belum tentu orang lain tahu. Atau sesuatu yang membosankan bagi kita karena terlampau sering kita melakukannya, bisa saja itu justru yang ingin diketahui orang lain.
Lantas siap saja yang bisa menjadi penulis? Patut di ingat:
==> Setiap orang memiliki bakat dan keahlian masing-masing. 
==> Setiap orang juga memiliki pengalaman masing-masing, jadi
Siapa saja dapat menulis tentang keahlian, pengalaman dan hal-hal lain yang dimilikinya. Sehingga orang lain dapat membacanya dan memperoleh dari pengalaman penulisnya. Jadi mulailah menulis sekarang!!

Sebelum mulai menulis, modal apa yang harus di miliki?
-  Wawasan yang luas.
-  Menguasai materi yang akan ditulis.
-  Menguasai teknik dan prosedur penulisan.
-  Menguasai program aplikasi untuk pengolah kata.
Tapi yang paling penting dari itu semua adalah Minat dan Semangat untuk mulai menulis.



0 komentar:

Posting Komentar

 

Kumpulan Tips Untuk Bunda Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger